Hidup lebih mudah dengan menguasai Critical and Creative Thinking

by JamikoBIU

Photo by Ron Lach on Pexels.com

Hi Biuers,

Pernah gak sih kita merasa stuck dalam hidup kita ? Merasa bahwa gak akan jalan keluar, merasa kayaknya ada dinding besar yang menghalangi jalannya kita, dan kita “mentok” gak bisa kemana-mana ?

YES, semua orang pernah mengalami kejadian seperti ini, dan lanjut pertanyaannya kira-kira kalo kalian lagi ada diposisi itu , apa yang kalian lakukan?

Jawaban terbanyak adalah MENYERAH , jadi ternyata fakta nya ketika kita mengalami hal tersebut, kecenderungan kita adalah menyerah, contoh-contoh tindakannya adalah putus asa, gak mau coba lagi, menyesali keputusan, merasa stress, depresi, dan masih banyak lagi. Memang tidak mudah untuk mengubah pola pikir kita ketika kita menghadapi situasi itu, hal ini karena kita belum TERBIASA untuk berpikir kritis dan kreatif.

Photo by cottonbro on Pexels.com

Kebanyakan dari kita terlalu terfokus untuk menghafal ketika belajar bukan menggali, memahami dan mengerti, sehingga otak kita terbiasa untuk melakukan hal yang berulang yang sudah kita hafal. Ini menjadi masalah untuk kita, ketika dalam hidup kita menghadapi tantangan dan hambatan, kita sebenarnya dituntut untuk menggali , memahami dan mengerti. Namun karena tidak terbiasa , hal ini menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, padahal seharusnya CRITICAL & CREATIVE THINKING ini dilatih sedini mungkin sehingga ketika dewasa kita menjadi TERBASA dan menjadi lebih MUDAH untuk menghindari masalah, mendapati solusi, dan menemukan jalan dan cara.

Wah berarti gimana donk kalo sampai sekarang belum menguasai Critical & Creative thinking ?

Tenang.. Tenang ,..

Tidak ada kata terlambat untuk bisa mengusaia CRITICAL & CREATIVE THINKING, dan setiap orang masih punya kesempatan yang snaat besar untuk menguasai softskill ini. Sebelum kita bahas tips & tricknya , yu kenal dulu lebih dalam mengenai Critical & Creative Thinking

Photo by Keira Burton on Pexels.com

Berpikir kritis (Critical Thinking ) adalah kemampuan untuk berpikir jernih dan rasional tentang apa yang harus dilakukan atau apa yang harus dipercaya. Ini mencakup kemampuan untuk terlibat dalam pemikiran reflektif dan mandiri. Seseorang dengan keterampilan berpikir kritis mampu melakukan hal berikut: memahami hubungan logis antar ide.

Berpikir Kreatif ( Creative Thinking ) adalah kemampuan untuk mempertimbangkan sesuatu dengan cara baru. Ini mungkin pendekatan baru untuk suatu masalah, resolusi konflik , atau hasil baru dari kumpulan data.

Dengan kombinasi antara Critical & Creative Thinking bisa membuat hidup kita menjadi lebih mudah, kenapa ?

  1. Karena kita bisa memilih hal yang benar-benar penting dan logis untuk dipertimbangkan
  2. Mengesampingkan pemikrian-pemikiran berlebihan dan negativ karena tidak logis dan hanya membuang energi kita saja
  3. Menemukan berbagai macam cara untuk menanggapi sesuatu
  4. Mempunyai sudut pandang yang luas sehingga bisa melihat peluang
  5. Bisa mengubah pemikiran ide menjadi hal yang mungkin untuk dilakukan dan efektif

Dan masih banyak lagi, namun selain membuat hidup menjadi lebih mudah dengan penguasaan Critical & Creative Thinking kita juga bisa MEMPERBESAR PELUANG KESUKSESAN kita. Karena rasa menyerah dan hilang arah juga tujuan, akan kecil kemungkinannya untuk dialami jika mengusai softskill ini.

Sekarang bagaimana cara mengasahnya ?

Untuk melatih softskill dan framework berpikir ini perlu LATIHAN , sehingga ada proses, dan bukan hal yang langsung dalam sekejap otomatis bisa dilakukan otak kita. Kita perlu MEMBIASAKAN proses yang dilakukann otak kita sehingga bisa menerapkan framework yang tepat. Beberapa tips mudah untuk dilakukan adalah :

  1. menerapkan konsep WHY ?

Yu kita mulai membiasakan untuk bertanya dalam setiap hal yang kita temui. Kenapa sih begitu ? Kenapa harus begini ? Apa sih akibatnya ? Dengan membiasakan bertanya, kita terbiasa untuk menganalisis setiap kejadian dan kondisi, disana kita juga akan memilah mana yang logis dan tidak, dan dari situ kita mulai menilai apakah tepat atau tidakdan sebaiknya sebenarnya seperti apa.

2. Bermain peran untuk mengubah sudut pandang

Untuk melatih sudut pandang yang luas, coba kita membuat seakan-akan kita sedang memainkan sebuah games “peran” dimana kita menukar posisi kita dengan posisi orang lain. Bayangkan anda menjadi mereka , apa yang kira-kira anda pikirkan, apa yang kira-kira menjadi tindakan dan keputusan anda. Dengan begitu anda bisa memahami lebih banyak sudut pandang selain dari diri sendiri

3. Membaca dan mempelajari hal baru

Untuk mendukung perkembangan kita tentu harus diimbangi dengan banyaknya wawasan yang kita pelajari, dengan membaca dan belajar hal baru kita menjadi lebih creative , memiliki banyak pilihan, dan ide-ide fresh dan dengan diimbangi kebiasaan baik lainnya maka kita bisa mengkombinasikan semuanya menjadi hal yang SOLUTIF.

Cara-cara diatas adalah beberapa alternatif untuk kita bisa menguasai Critical & Creative Thinking.

Selain tips yang kami berikan, JAMIKOBIU mau kasih kesempatan juga nih buat kalian bisa dapet training , baik biuers yang mau training buat personal, buat anak, ataupun biuers mau memasukan sekolah/komunitas/group kalian sehingga bisa mendapatkan FREE TRAINING tentang Critical & Creative Thinking, yu bisa klik tombol dibawah ini,

DAFTAR sekarang , JANGAN SAMPAI KEHABISAN ya karena slot TERBATAS

Salam Sukses,

JamikoBIU

Published by blesseveryday

Berbagi Ilmu, Berbagi Kebaikan bersama BIU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: